Peringati Hari Pohon Sedunia, Mahasiswa Biologi FMIPA UNM Tanam Pohon Di Lembanna, Gowa

  • PDF

biologiUNM- Praktikum lapangan Ekologi Tumbuhan adalah kegiatan praktikum lapangan yang dilakukan oleh mahasiswa biologi FMIPA UNM pada mata kuliah Ekologi Tumbuhan. Secara umum, praktikum tersebut bertujuan untuk mengetahui vegetasi tumbuhan dengan cara terjun langsung ke lapangan yang dilakukan di Desa Lembanna Kabupaten Gowa.

Namun ada yang berbeda pada praktikum lapangan ekologi tumbuhan kali ini. Momen praktikum lapangan ekologi tumbuhan yang dilakukan oleh mahasiswa biologi FMIPA UNM juga dirangkaikan dengan memperingati hari pohon sedunia dengan melakukan penanaman pohon di Lereng Gunung Bawakaraeng, Desa Lembanna Kabupaten Gowa, Minggu (24/11/2019).

Bukan tanpa alasan, penanaman pohon ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian mahasiswa biologi terhadap lingkungan lereng Gunung Bawakaraeng yang selama ini mereka jadikan sebagai area pengambilan data praktikum ekologi tumbuhan, baru-baru ini mengalami kebakaran.

Gerakan penanaman pohon ini dilakukan oleh mahasiswa biologi FMIPA UNM yang ikut serta dalam praktikum lapangan ekologi tumbuhan yang didampingi oleh lembaga Mahasiswa Pencinta Alam Gloeocapsa Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNM.

“Dengan adanya praktikum lapangan yang dirangkaikan dengan peringatan hari pohon sedunia melalui penanaman pohon membuat praktikum kali ini lebih keren dan beda dari sebelumnya. Semoga angkatan selanjutnya bisa termotivasi untuk melakukan hal yang serupa atau bahkan lebih baik lagi. Semoga dengan adanya penanaman pohon ini bisa menanggulangi masalah yang terjadi di lereng gunung bawa karaeng ini,” ujar Muhammad Irwan salah satu peserta praktikum lapangan ekologi tumbuhan.

Menurut Ari Affandy Mahyuddin ketua panitia Praktikum Lapangan Ekologi Tumbuhan kegiatan praktikum lapangan yang di rangkaikan dengan penanaman pohon adalah bentuk kepedulian mahasiswa biologi FMIPA UNM terhadap kondisi vegetasi tanaman yang ada di lereng gunung bawakaraeng yang sangat memprihatinkan pasca kebakaran hutan yang terjadi, lokasi tersebut adalah tempat pengambilan data saat pelaksanaan praktikum lapangan Ekologi Tumbuhan mahasiswa biologi FMIPA UNM setiap tahunnya.
Harapannya dengan adanya kegiatan penanaman ini bisa menjadi batu loncatan terhadap semua elemen yang ada agar bersama sama bisa menghijaukan kembali lahan yang telah terbakar.

Anda berada di: