By A Web Design Company

Optimalisasi Penerapan Media Teknologi dan Informasi

  • PDF

“Tak Ada Kata Tua Untuk Sekolah, Karena Sekolah Akan Membuat Seseorang Awet Muda”, demikian Rektor Unm memberikan sentuhan-sentuhan moral untuk menyemangati segenap civitas akademika di kampus V Unm Upp Pgsd Parepare. Selasa, 24/8/2010, mengakhiri rangkaian safari ramadhan Rektor Unm, Prof. Dr. Arismunandar, M.Pd., beserta rombongannya. Tak hanya sebatas info-info akademik yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab bersama. Namun, Arismunandar juga mengobarkan semangat dan tekad civitas akademika Unm di kampus V  untuk membesarkan almamater secara bersama-sama. Senantiasa berupaya melengkapi diri dengan kemampuan dan keterampilan, khususnya menerapkan media teknologi dan informasi dalam proses mengajar. Yang patut dibanggakan sekaitan dengan hal tersebut adalah video conference yang dimanfaatkan ketika perayaan Dies Natalis Unm ke 49 Unm baru-baru ini.


Menguasai teknologi dan informasi tak hanya sebatas kebutuhan saja, namun sudah merupakan tuntutan global, sehingga Unm memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk mulai menerapkannya. Unm juga mendapat tugas besar membatu pemerintah kota Makassar untuk membenahi infrastruktur kampus, khususnya bagi guru-guru S1 yang ada di daerah. Pada kesempatan yang sama dalam forum dialog terbuka tersebut, Pembantu Rektor I Unm bidang akademik, Prof. Sofyan Salam, M.A., Ph.D., akan menindaklanjuti dosen-dosen yang lalai dan malas mengajar. Sembari ditambahkan oleh Pembantu Rektor II bidang administrasi dan keuangan, Prof. Dr. Andi Ihsan, M.Kes., bahwa memang sudah seharusnya melakukan optimalisasi pemanfaatan fasilitas kampus, pasalnya perjuangan mendapatkan bantuan dana untuk mengembangkan sarana dan prasarana tidak mudah.

Untuk mendukung program akademik dan penciptaan citra yang baik, Pembantu Rektor III bidang kemahasiswaan, Prof. Dr. Hamsu Gani, M.Pd., juga mengimbau kepada mahasiswa di kampus V tersebut bahwa sesuai edaran Mendiknas tahun ini, ospek ditiadakan, penekanan kegiatannya hanya pada orientasi akademik mahasiswa  yang nantinya akan bermanfaat untuk menuntun mahasiswa baru masuk ke Unm dengan bekal sekurang-kurangnya mengenal pimpinan dan mengetahui tata cara pengisian KRS. Hal yang serupa ditambahkan oleh Pembantu Rektor IV bidang kerjasama, Dr. Nurdin Noni, M.Hum., bahwa tidak boleh ada sedikit pun keraguan dengan Unm, kita harus optimis. Tinggal bagaimana memperkuat pembelajaran dengan memanfaatkan media teknologi dan informasi meskipun hanya sebagai pendukung pembelajaran, misalnya program e learning yang dapat dimanfaatkan untuk saling berkomunikasi akademik antara dosen dan mahasiswa meskipun tidak bertatap muka langsung, papar mantan ketua ICT.

Diskusi yang hangat mengiringi jalannya kegiatan tersebut. Tak ketinggalan Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, Drs. Ismail Tolla pun yang hadir di tengah-tengah mahasiswa Pgsd menyampaikan bahwa kegiatan safari ramadhan dengan beberapa rangkaian acara bertujuan untuk menjalin silaturrahim dan saling bertukar  info-info seputar kinerja seluruh civitas akademika Unm yang perlu diungkapkan, apalagi jika ada masalah-masalah intern yang menjadi kendala untuk kemajuan Unm ke depan.(Pratiwi Syarief_Humas).

Last Updated on Senin, 30 Agustus 2010 20:32

Anda berada di: