Rektor UNM Pantau Pelaksanaan UTBK

  • PDF

793775b8-9665-4110-93f7-5fd585d343c6UNM- Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Husain Syam, melakukan pemantauan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2019 Gelombang I yang digelar ini, di Kampus UNM Gunungsari, Sabtu (13/4/2019)

Pemantauan ini dibagi dalam tiga tim, diikuti pula para wakil Rektor, para Dekan wakil dekan, Direktur dan Asdir Pasca sarjana, sejumlah dosen serta pegawai. Rektor UNM mengapresiasi panitia pelaksanaan UTBK yang berjalan lancar dan tertib.

Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui mekanisme jalur SBMPTN tahun 2019, menerapkan cara baru yang diadakan oleh pemerintah melalui Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dengan sistem UTBK.

“Sekarang menggunakan sistem baru yang dikelola oleh LTMPT dengan menggunakan UTBK. Dari sini diharapkan UNM mampu bersaing di bidang akademik dengan calon-calon mahasiswa yang unggul dari hasil UTBK. Sistem yang berbeda dari tahun sebelumnya," ujar Prof Husain Syam, Rektor UNM.

Lanjutnya, setiap peserta yang mengikuti UTBK, akan mendapatkan nilai. Hasil nilai itu merupakan syarat untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tingi Negeri (SBMPTN) dan memilih jurusan yang diinginkan. “Setiap peserta dapat mengikuti UTBK sebanyak dua kali, di gelombang I dan digelombang II,” jelasnya.

UTBK gelombang satu digelar pada 13 April-4 Mei 2019, sedangkan UTBK gelombang dua pada 11 Mei-26 Mei 2019, dan diadakah hanya di hari sabtu dan minggu. Adapun hasilnya akan diumumkan paling lambat 10 hari setelah pelaksanaan UTBK.

“Dengan pelaksaan UTBK ini, setiap peserta akan memahami potensi, sehingga meraka nantinya tahu akan memilih program studi yang sesuai,” demikian Husain.

Anda berada di: