Rektor UNM Sarankan Wisudawan Ikuti SM3T

  • PDF

Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar wisuda periode kedua tahun akademik 2012/2013. Wisuda yang digelar di Auditorium Amanaggapa berlangsung pada 10-11 April 2013. Wisuda kali ini diikuti oleh 1.876 lulusan. Wisuda hari pertama diikuti oleh 963 orang lulusan dengan rincian;Program Pascasarjana sebanyak 195 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam    dengan 158 orang, Fakultas Teknik sebanyak 140 orang, Fakultas Ilmu Keolahragaan sebanyak 313 orang, Fakultas Ilmu Sosial sebanyak 69 orang dan Fakultas Ekonomi sebanyak 88 orang.

Lulusan tersebut terbagi dalam berbagai program dan jenjang studi, masing-masing; Program Doktor 27 orang, Program Magister 168 orang, Program Sarjana
Kependidikan Reguler 399 orang, Program Sarjana Kependidikan Penyetaraan 271 orang, Program Sarjana Non-Kependidikan 52 orang dan Program Diploma Tiga 46 orang.

Dari 963 orang lulusan tersebut, terdapat 838 orang Program Kependidikan dan 125 orang program Non-Kependidikan. Berdasarkan data tersebut, maka sampai pada wisuda hari ini, UUNM telah memiliki lulusan sebanyak 100.261 orang. Lulusan tersebut terdiri atas program Kependidikan 99.098 orang dan program Non-Kependidikan 1.163 orang.

Untuk Program Doktor, IPK tertinggi 3,94 diraih oleh Walikota Makassar, Dr.Ir.Ilham Arief Sirajuddin,M.M. dari program studi Administrasi Publik dengan masa studi 2 tahun 5 bulan. Program Magister, IPK tertinggi 3,97 diraih oleh Drs.H.M.Aras,M.Pd. dari program studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan dengan masa studi 2 tahun 5 bulan. Sedangkan untuk program sarjana IPK tertinggi 3,92 diraih oleh Yassaroh, S.Pd. dari program studi Pendidikan Kimia dengan masa studi 3 tahun 5 bulan.

Rektor UNM, Prof Dr Arismunandar, MPd dalam pidatonya mengatakan bahwa dii antara 963 orang lulusan yang diwisuda hari ini terdapat 181 orang (18,80%)  yang lulus dengan predikat Pujian (Cum Laude). " Bagi mereka yang lulus dengan predikat pujian dan berminat melanjutkan studi di PPs UNM akan dibebes tes tulis, " katanya.

Dirinya juga menyarankan kepada para sarjana agar mengikuti program Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (SM3T). Program ini merupakan salah satu program unggulan Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan. Di mana para sarjana akan ditempatkan selama setahun di daerah 3T tersebut untuk memotifasi dan mendidik anak-anak untuk bersekolah. " Setelah mengikuti SM3T dan Pendidikan Profesi selama dua semester kalian memperoleh sertifikat pendidik, sehingga memiliki kewenangan sama dengan guru-guru yang telah disertifikasi, " paparnya.

Ia juga Saya berharap jika kelak para lulusan mengabdikan diri ditengah masyarakat, agar tidak lupa pesan orang tua kita dahulu. " Bahwa ada beberapa nilai-nilai yang dapat dijadikan spirit dalam melaksanakan amanah yaitu: Acca (pintar), Lempu (jujur), Sitinaja (patut), Getteng (teguh), Reso (usaha), Adele (adil), dan Warani (berani), " pintanya.

Untuk wisuda hari kedua, Kamis 11 April 12013 akan diikuti oleh 913 orang lulusan, masing-masing: dari Fakultas Ilmu Pendidikan 607 orang, Fakultas Bahasa dan Sastra 206 orang, Fakultas Psikologi 29 orang dan Fakultas Seni dan Desain 71 orang

Anda berada di: