Pendaftaran PMW UNM Hingga 21 Januari

  • PDF

Program Mahasiswa Wirausaha (PMW)merupakan program Dikti yang mendorong mahasiswa untuk terjun ke dunia wirausaha. Di mana dalam program ini para mahasiswa dibekali modal usaha dan pelatihan-pelatihan bisnis agar mampu menjalankan usaha yang akan digelutinya. Universitas Negeri Makassar merupakan salah satu universitas yang dipercaya Dikti untuk menjalankan program ini. Pada Tahun ini, PMW UNM memasuki tahun keempat.
Pendaftaran Program Mahasiswa Wirausaha Universitas Negeri Makassar (PMW UNM) akan berakhir 21 Januari 2013 mendatang. Pendaftaran sendiri sudah dibuka sejak 21 Desember 2012 lalu.

Staf Pusat Kewirausahaan UNM, Evi Surahman mengungkapkan bahwa program ini terbuka bagi mahasiswa atau kelompok mahasiswa UNM yang telah menyelesaikan 2 semester perkuliahan. " Anggota kelompok bisa berasal dari program studi yang berbeda, setiap kelompok maksimal 5 orang, " katanya.

Bagi yang berminat mengikuti program ini cukup mengumpulkan uraian bisnis singkat yang akan dijalankan, mengisi formulir pendaftaran, melampirkan surat pernyataan dari orang tua dan dekan, daftar riwayat hidup, fotocopy KTP dan KTM. " Setiap pengusul yang diterima akan menerima modal usaha bergulir maksimal Rp 8 juta/orang, " ucap Evi.

Pihak Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kewirausahaan, lanjut Evi sudah melakukan sosialisasi ke sejumlah fakultas untuk memaparkan tentang program ini langsung kepada mahasiswa. " Saat ini sudah ada 80 mahasiswa yang mendaftar, " bebernya.

Bisa Tandem Usaha
Pada PMW angkatan keempat ini, pihak UPT Kewirausahaan  membuka peluang bagi peserta untuk melakukan tandem usaha PMW. Sistem tandem ini maksudnya adalah jika pada PMW sebelumnya ada usaha budidaya bawang merah, kemudian ada yang tertarik mengembangkannya ke usaha penjualan bawang goreng aneka rasa, itu bisa ditandemkan. " Intinya adalah jenis usaha yang akan dijalankan merupakan pengembangan dari jenis usaha PMW yang telah ada sebelumnya atau diistilahkan anak usaha, " jelas Evi.

Bagi peserta atau kelompok usaha yang dinyatakan lolos seleksi berkas akan mengikuti diklat kewirausahaan pada April mendatang.

Anda berada di: